Berikut 4 Cara Terbaik dalam Memilih Helm untuk Melindungi Berkendara Anda

Berikut 4 Cara Terbaik dalam Memilih Helm untuk Melindungi Berkendara Anda

July 3, 2018 0 By admin

Untuk mendapatkan perlindungan selama berkendara dengan sepeda motor maka wajib sekali memakai helm. Pelindung kepala ini bukan sekedar aksesoris sebab ketika dipakai bisa melindungi kepala pengendara motor sewaktu terjadi kecelakaan. Kepala merupakan bagian tubuh yang memegang fungsi vital dan jika terbentur dengan aspal atau kendaraan lain maka akan berdampak parah pada kesehatan. Maka pelindung kepala ini wajib sekali dipakai sampai ada tilang untuk yang melanggarnya.

Meskipun wajib dan jika tidak dipakai bisa terkena razia dari petugas lalu lintas bukan berarti bisa sembarangan dalam memilih. Berhubung fungsi utamanya adalah melindungi kepala dari benturan maka perlu mencari yang desainnya pas dan kualitasnya bagus. Menemukan pelindung kepala yang bagus kadang membuat Anda menyusuri semua toko yang menjualnya termasuk berkunjung ke situs transaksi jual beli online. Pilihan yang banyak membuat Anda musti jeli memilih dan perlu membandingkan ke berbagai toko yang menjualnya.

Cara Memilih Pelindung Kepala Pengendara Motor

Sebagai atribut keamanan dan keselamatan maka memilih yang terbaik menjadi kewajiban, berikut tata caranya:

  1. Pilih merek ternama,

Pelindung kepala khusus pengguna sepeda motor ini diproduksi oleh banyak merek dari pabrikan yang berbeda-beda. Dalam memilih tidak ada ruginya mencari merek ternama dan tentu sangat banyak. Beberapa malah brand asli buatan Indonesia namun kualitasnya sudah bis diadu dengan merek internasional. Anda bebas memilih yang terpenting mereknya dikenal bagus dan pastikan desainnya pas dengan selera Anda.

  1. Ukurannya pas di kepala,

Saat memilih helm memang idealnya dicoba dulu, lantas bagaimana jika membelinya dari toko online? Agar ukurannya memang pas kenali ukuran pelindung kepala tersebut bisa diukur sendiri atau memakai standar ukuran seperti S, M, L, atau dengan angka. Ukuran dari atribut pelindung ini memang baiknya pas namun jangan terlalu sesak sebab sirkulasi udara sewaktu berkendara akan terhambat. Inilah penyebab kepala mudah pusing bahkan sakit selepas berkendara jauh, jadi ukurannya harus sesuai ukuran kepala pemakainya.

  1. Bantalan busanya tebal berkualitas,

Memastikan pelindung kepala ini memang sudah yang terbaik dari yang terbaik maka perlu mengecek bagian busa dalamanya. Bagian dalaman ini idealnya mempergunakan busa yang berkualitas selain tebal juga mudah kembali ke bentuk semula. Sebab bagian inilah yang berfungsi sebagai pelindung kepala, sekalipun kerangka luar pelindung kepala ini retak karena terbentur aspal namun bagian dalamnya baik-baik saja.

  1. Coba dulu baru menentukan pilihan,

Dalam membeli pelindung kepala ini hendaknya dicoba dulu, selain mengecek ukurannya pas atau tidak. Juga untuk mengecek kenyamanan yang diberikan ketika dipakai sehingga benar-benar memilih yang tepat dan terbaik. Pelindung kepala yang ideal adalah yang nyaman dipakai, tidak menurunkan kualitas pendengaran, dan tidak pula membuat kepala sakit lalu pusing. Jika tidak dicoba dulu maka kesalahan dalam memilih akan terjadi maka perlu dicegah dengan mencobanya terlebih dahulu baru dibayar.

Melindungi kepala menjadi kewajiban dan kebutuhan para pengguna sepeda motor karena riskan terbentur apapun sewaktu terjadi kecelakaan. Cedera pada kepala tentu punya dampak serius dan bisa menyebabkan kematian atau cacat seumur hidup. Baiknya tidak pernah terlupa untuk memakainya sekalipun menuju tempat yang jaraknya sangat dekat demi keselamatan diri sendiri. Agar nyaman dan mau memakai helm ini setiap berkendara maka musti mencari yang terbaik dan tips di atas dijamin sangat membantu.