Inilah Tanda-Tanda Thermistor Ac Rusak

Inilah Tanda-Tanda Thermistor Ac Rusak

July 31, 2018 0 By admin

Thermistor merupakan alat pengatur suhu ruangan yang bekerja secara otomatis. Thermistor berasal dari kata thermo yang artinya suhu dan resistor yang artinya pengukur. Di dalam ac, alat ini berfungsi untuk mengatur suhu otomatis, sehingga mesin kompresor bisa mendinginkan ruangan pada suhu yang telah ditentukan. Bagian ini memang sering bermasalah, apalagi ac digunakan terus menerus. Untuk memperbaikinya harus menggunakan jasa service ac. Oleh karena itu penting mengetahui tanda-tandanya.

Jika suhu ruangan telah mencapai suhu tertentu, thermistor otomatis memutus arus yang terhubung ke unit outdoor. Misalnya anda mengatur suhu di remote control di suhu 22 derajat celcius. Maka bila ruangan telah mencapai suhu tersebut, thermistor mengirim sinyal ke bagian outdoor dan memutuskan komponen PCB modul dan memutuskan arus listrik mesin kompresor. Jika suhu naik, thermistor juga akan memerintahkan PCB modul untuk mendinginkan ruangan.

Di dalam ac terdapat dua jenis thermistor yaitu thermistor single dan thermistor double. Kedua memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bagian ini terletak di bagian unit indoor dan terhubung langsung ke PCB modul. Bila terjadi kerusakan, anda harus mengukurnya dengan multlitester. Tetapi sebelumnya pahami tanda-tanda thermistor ac rusak.

AC Tidak Dingin dan Unit Outdoor Sering Hidup Mati

anda sudah mengatur suhu paling rendah, tetapi ac tidak dingin. Hal ini berarti ada masalah di kompresor ac yang sering hidup mati. Masalahnya disebabkan oleh thermistor yang sensitif dengan suhu dingin, sehingga cepat memutuskan arus ke unit outdoor. Ruangan belum dingin, tetapi mesin sudah mati terlebih dahulu. Tetapi pastikan matinya mesin bersamaan dengan matinya kipas. Kalau yang mati hanya bagian kompresor saja, mungkin ampere kompresor terlalu tinggi. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan service ac terpercaya.

Tidak Dapat Dinyalakan Dengan Remote

salah satu tanda thermistor rusak adalah tidak bisa dinyalakan dengan remote. Memang tidak semua jenis ac mengalami hal ini. Tetapi bila ac anda tidak bisa dinyalakan dengan remote, kemungkinan besar ada masalah dibagian thermitornya. Untuk lebih pastinya, harus dilakukan pengecekan menyeluruh. Gunakan jasa teknisi ac, supaya tahu penyebab pastinya. Karena mungkin remote ac anda yang rusak bukan bagian thermitornya.

Sering Terdengar Suara Berdengung

Ada beberapa jenis ac, yang mengeluarkan bunyi berdengung seperti suara ringtone ponsel. Tanda ini sangat mudah dikenali, karena bila terdengar bunyi sudah pasti bagian thermistornya rusak. thermistor rusak sulit untuk diperbaiki, harus diganti dengan baru. Sehingga ac bisa digunakan lagi.

Setiap jenis ac memiliki thermistor yang berbeda-beda. Bila ingin diganti yang baru, harus menyamakan jenis thermistor di ac anda. Kita memang tidak bisa memastikan kerusakan dengan akurat. Karena satu tanda dengan tanda lainnya hampir sama. Untuk lebih jelasnya harus melakukan pengecekan menyeluruh. Dianalisa dengan alat yang tepat, sehingga tahu penyebab permasalahan di ac.

Bila ac sudah menunjukan gejala kerusakan, lebih baik untuk segera dibawah ke tempat service ac. Selain itu jangan lupa melakukan perawatan rutin minimal satu bulan lagi. Bersihkan bagian penyaring dan saluran pembuangan. Supaya tidak ada bagian yang tersumbat dan membuat kerja mesin tetap optimal. Gunakan ac dengan benar, jangan membuka pintu, jendela dan ventilasi saat menggunakan ac. Kemudian atur suhu sesuai dengan kebutuhan. Jangan paksakan mengatur suhu terlalu tinggi atau rendah. Sekian artikel kali ini, semoga memberikan informasi bermanfaat.

Deskripsi: service ac bisa memperbaiki dan merawat thermistor dengan benar. Sehingga ac dapat berfungsi baik lagi.